Masa Depan MPR

Ada 2(dua) masalah penting yang selalu dihadapi dari waktu ke waktu di dalam dunia pemasaran adalah adanya marketing problem dan marketing concept evolution, yang keduanya disebabkan karena adanya the shifting of marketing paradigm dan sifat dari pemasaran sendiri yang selalu beradaptasi terhadap perusahaan.

Peran MPR diera high tech information, masalah komunikasi menjadi prioritas utama terutama dalam memasarkan merek suatu produk. Sehingga aktivitas promosi saja tidaklah cukup, karena hanya akan menarik perhatian konsumen. Sedangkan dalam pemasaran dibutuhkan adanya kesetiaan konsumen. Sedangkan dalam pemasaran dibutuhkan adanya kesetiaan konsumen yang harus diretas dengan meyakinkan konsumen akan merek suatu produk yang sedang dipasarkan.

Harold Burson, masa depan pemasaran dengan adanya marketing problem, terutama competition, sehingga para pemasar dituntut keuletannya dalam menanggulangi persaingan yang makin ketat, dan marketing tactic yang berorientasi kepada communication-based. Disinilah peran MPR sangat dibutuhkan dan pemasar harus mampu memadukan antara aktivitas promosi dan program komunikasi pemasaran dari MPR.

Beberapa contoh dari Marketing tactic:

  1. Pemberian penghargaan (award)
  2. Penerbitan buku/booklets/majalah
  3. Menyenggarakan event-event yang menarik
  4. Demontrasi dibeberapa shopping mall
  5. Exhibition yang dilaksanakan bersamaan dengan seminar, kongres dll
  6. Statement CEO tentang perusahaan dan produk
  7. Official Endorsement
  8. Product placement
  9. Radion contest
  10. dll

Dari paparan tersebut, peran MPR sangatlah dominan untuk masa mendatang, karena marker’s mark company, perusahaan yang mempunyai merek produk dan fasilitas produksi, akan selalu berupaya menyakinkan merek produknya kepada konsumen. Agar terjadi kesetiaan konsumen dan menghasilkan perolehan yang maksimal. Tantangan ini terjadi karena makin maraknya house brand atau produk pesanan yang tidak mempunyai fasilitas produksi.

Submit comment


*

Allowed HTML tags: <a href="http://google.com">google</a> <strong>bold</strong> <em>emphasized</em> <code>code</code> <blockquote>
quote
</blockquote>