MPR Spoke Person

Peran spoke person pada kegiatan Marketing PR menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan. Kredibilitas spoke person akan menentukan keefektifan MPR sekaligus menunjukkan nilai dari MPR sebagai fungsi dari public relations. Celebrity merupakan spoke person yang dipilih sebagai orang yang mampu mempengaruhi publik dengan sikap dan tindakan (high visibility) dan keahlian tertentu dibidang bisnis maupun non bisnis.

MPR yang bermitra dengan bagian pemasaran, membantu aktivitas promosi dalam memasarkan suatu produk supaya selalu direkomendasikan pada program komunikasi pemasaran, untuk menyakinkan konsumen. Produk komunikasi untuk melaksanakan program komunikasi pemasaran seperti press conference, event marketing (seminar, talkshow, scentific, diskusi dengan pihak pemerintah/swasta) peran public figure/spoke person seperti celebrity bisa mewakili perusahaan.

Kehadiran spoke person terutama public figure atau celebrity, akan mengundang berita ataupun memperluas sound of company, citra baik bagi perusahaan yang pada akhirnya akan memunculkan keyakinan konsumen akan produk yang dihasilkan perusahaan.

Kriteria MPR Spoke Person

1. mempunyai kemauan dan kemampuan untuk menjadi spoke person

2. menguasai masalah yang akan dibicarakan

3. mempunyai wawasan yang luas

4. berpenampilan menarik, meyakinkan dan mampu berkomunikasi secara efektif

Beberapa program MPR yang menggunakan spoke person seperti seminar, ceramah, dialog di media tv dan radio, launc product, pembukaan pusat perbelanjaan baru, ajang-ajang bakat untuk publik, lobi dan negosiasi, temu media. Jika diperhatikan maka saat ini perhatian publik (pasar dan audience) memfokuskan pada communicator. Siapa yang menyampaikan pesan? pasar saat ini menginginkan komunikator yang selalu on, real time, dan beroperasi sesuai kebutuhan pasar. Jadi siapa yang bertanggung jawab merespons kebutuhan publik? PR atau Marketing?

Salah satu peran MPR adalah memperkenalkan produk atau revisi produk pada suatu area. Peran spoke person yang kredibel dan memiliki daya tarik yang dapat digunakan sebagai penyampai pesan perusahaan agar mempengarui pasar (audience). Kredibilitas inilah yang nantinya mampu meningkatkan efektivitas MPR.

Submit comment


*

Allowed HTML tags: <a href="http://google.com">google</a> <strong>bold</strong> <em>emphasized</em> <code>code</code> <blockquote>
quote
</blockquote>