Kampanye Ambient

prosiding

Kreatifitas berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk menemukan pendekatan-pendekatan dalam menuangkan ide-ide atau gagasan baru yang sesuai dengan ketrampilannya. Pemilihan media iklan pun sangat menentukan kesuksesan dalam mempromosikan sebuah brand dimana setiap jenis media yang tersedia memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Seleksi dan penempatan iklan pun harus didasarkan pada pendekatan kontingensi. Salah satunya adalah melalui kampanye ambient media yang saat ini mulai berkembang di Indonesia. Kreatifitas ambient media masih terbilang baru dan merupakan alternatif non tradisional untuk media luar ruang. Selama ini ambient media tidak banyak bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan, sehingga untuk membangun kreatifitas bagi mahasiswa melalui kampanye ambient media, universitas Esa Unggul memperkenalkan pendekatan ambient media sebagai proses kreatif agar mahasiswa mampu menciptakan dan meningkatkan kreatifitas media alternative yang lebih menarik.

 Kata kunci: kreatifitas, ambient media, kampanye, brand

Analisa Ambient Media sebagai proses kreatifitas

Kreatifitas dalam ambient media merupakan unsur kreatifitas dalam penggunaan media periklanan yang menciptakan terobosan baru dalam beriklan baik media outdoor maupun indoor sebagai bagian dari keberhasilan strategi promosi. Menurunny efektifitas beriklan pada media konvensional memungkinkan berkembangnya penggunaan ambient media sebagai salah satu pendorong bagi pemasar dan agency periklanan untuk lebih kreatif dalam menciptakan  sebuah media beriklan yang baru dan mampu menarik perhatian konsumen. Pengalaman yang tak terlupakan (memorable experience) kepada konsumen dalam penggunaan ambient media merupakan terobosan baru yang lebih kreatif dalam iklan non konvensional media.

Proses kreatif dari ambient media yang memanfaatkan lingkungan sebagai bagian dari sebuah iklan sering kali tidak berupa pesan verbal melainkan tampilan yang lebih unik dan berbeda sehingga dapat menciptakan sebuah topik pembicaraan di lingkungan sekitar.

Kreatifitas yang menarik dari ambient media dikatakann efektif apabila mampu menarik perhatian (attention) konsumen dan menumbuhkan brand identity dalam benak konsumen.

Kreatifitas mahasiswa dalam konteks Ambient Media      

            Beberapa contoh kreatifitas ambient media sebagai terobosan baru periklanan untuk menambah kemampuan dan daya kreatif bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul, dimana setiap karya mahasiswa berupa kreatifitas penempatan media yang unik terhadap brand yang dipilih dengan mempertimbangkan aspek sosial dan budaya, sehingga memberi kesan yang tidak mengganggu atau mengotori lingkungan di lokasi yang digunakan.

            Konsep ambient media merupakan upaya untuk membangun bentuk periklanan yang menggunakan media below the line  baik indoor maupun outdoor. Ambient media denga memanfaatkan media lingkungan merupakan bentuk periklanan yang memanfaatkan lingkungan sekitar media iklan sebagai bagian kegiatan periklanan yang dilakukan. Pada periklanan ini diharapkan konsumen mendapat pengalaman yang tak terlupakan yang dapat memberikan impact langsung terhadap produk yang diiklankan.

            Pada proses kreatif ini, mahasiswa tidak dituntut untuk menggunakan iklan product baru, masih diperbolehkan menggunakan produk-produk yang memang sudah dikenal oleh mahasiswa. Penilaiannya hanya pada penempatan ambient media yang dipilih oleh mahasiswa disesuaikan dengan situasi lingkungan media itu sendiri. Tema-tema yang dipilih sangat kreatif dengan tagline iklan yang berbeda dari tagline sesungguhnya.

            Banyak cara yang dilakukan sebuah produk untuk mengkomunikasikan brandnya kepada khalayak sasaran, salah satuya adalah dengan memperhatikan dan mengetahui efektivitas suatu iklan dengan menggunakan evaluasi recognition dan recall, membangkitkan reaksi emosional dan mengukur pengaruh iklan terhadap penjualan. Melalui kreatifitas iklan ambient inilah diharapkan terjadi recognition, recall dan evaluasi terhadap ingatan konsumen sasaran terhadap produk tersebut.  Berikut contoh iklan ambient sebagai salah satu proses kreatifitas bagi mahasiswa dilingkungan universitas Esa Unggul diantaranya:

nu green tea (2)nu green tea

Gambar Kreatifitas I: Product campaign on lift door (gambar pada pintu dan car lift).

            Pada gambar kreatifitas I dari mahasiswa dengan tema yang dipilih hidupkan harimu yang memperlihatkan merek Nu Green Tea salah satu merek minuman yang banyak diminati oleh kalangan muda dengan sedikit mengemas pesan merek itu sendiri tergambarkan bahwa suasana patah hati melalui gambar hati dan slogan “No more Hidupkan dengan?…” pada bagian pintu lift. Kreatif ambient media pada gambar ini menunjukkan bahwa lambang “patah hati” dengan gambar “heart” berwarna merah yang terpisah dari belahan hatinya. Dan pada saat pintu lift terbuka nampak pada dinding car lift kemasan produk itu disertai slogan” hidupkan harimu”

 cORNETTOTEBS_refresh yourmind_OK

Gambar Kreatifitas II: Product campaign on Aula Kemala

Pada prinsipnya kreatifitas yang ditunjukkan pada gambar II merupakan suatu upaya periklanan outdoor dengan memanfaatkan media luar ruang Aula Kemala masih di lingkungan universitas sebagai media kampanye ambient media untuk mengurangi kejenuhan terhadap periklanan konvensional yang terkesan “kaku”. Ambient media berupaya mengurai kekakuan penggunaan media dan keterikatan pada konteks dengan menciptakan ruang beriklan yang bebas dan kreatif.

Hubungan yang coba dibangun pada gambar produk Cornetto dengan lelehan es cream di lantai depan aula menunjukkan adanya unsur untuk membangun emosional antara brand dengan konsumen secara tidak terduga. Dengan slogan “nikmatnya keceriaan Cornetto” dengan nuansa warna pelangi merupakan unsur impact  dan kejutan yang ingin dibangun sebagai salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan periklanan yang dilakukan.

Gambar kreatifitas II juga nampak pada produk Tebs dengan memanfaatkan sisi samping aula Kemala dan menambahkan slogan “Kamu Bete?? Cobain nih!!”. Unsur pesan pada iklan ambient media pada kedua gambar diatas, lebih singkat dan lebih menonjolkan sisi kreatif pada produk dan penempatannya yang disesuaikan dengan media atau lingkungan sekitar media.

Jacob's1Jacob's2Jacob's3

Garmbar Kreatifitas III: gambar produk pada lantai di gedung kampus

             Dari ketiga gambar diatas merupakan sebuah alur cerita dari produk dengan memanfaatkan tangga di lingkungan sekitar dimana media iklan produk Jacob’s yang memanfaatkan ambiet media tidak semata-mata tergantung pada eksekusi visual, melainkan juga respon audiens dan lingkungan sekitar iklan. Konsep medial, lingkungan visual dan keberadaan audiens yang secara aktif melewati tangga yang nampak pada gambar tersebut menjadi satu kesatuan yang menentukan keberhasilan proses periklanan produk tersebut. Tagline yang pilih untuk meningkatkan reaksi emosional adalah “Tasty and Healty”.  Konsep ambient yang dipilih adalah pada beberapa anak tangga, dengan mengedepankan konsep tersebut diharpakan mahasiswa tetap mewanfaatkan tangga dengan pesan-pesan penyemangat seperti visual yang tergambar pada gambar kreatifitas III diatas.

            Media komunikasi dapat dikategorikan sesuai tingkat kedekatan produk dengan konsumen melalui penggunaan media in home, in life experience, dan in retail yang terintegrasi melalui proses  pengedukasian pada konsumen terhadap merek baik dilakukan in home,  pada kegiatan yang dilakukan konsumen in experience dan saat terjadinya pembelian in store. Keunikan ambient media dapat dilihat sebagai upaya menciptakan pengalaman yang menarik bagi konsumen sehingga brand awareness jugakan terjadi melalui upaya kedekatan emosional yang muncul pada konsumen terhadap produk.

fruit tea frezee

Gambar Kreatifitas IV: Tema: Dinginnya Setiap Tegukan

            Pada gambar kreatifitas IV tema yang dipilih oleh mahasiswa yaitu “DInginnya Setiap Tegukan”. Penggunaan ambient media pada kreatifitas tersebut yaitu pada penempatan produk Fruit Tea pada tempat dan lokasi yang tepat yaitu pada hydrant dengan komunikasi visual yang dimunculkan untuk membangkitkan reaksi emosional target audiens dengan pesan yang mudah dipahami: “kalo mau mademin api, pake Hydrant, kalo mau mademin tbuh pake Fruit tea Frezee, Dinginnya Setiao Tegukan …!!!. Pemilihan bahasa, visual, dan lokasi pada iklan ambient mediaI pada gambar diatas sangat menarik.

 

Submit comment


*

Allowed HTML tags: <a href="http://google.com">google</a> <strong>bold</strong> <em>emphasized</em> <code>code</code> <blockquote>
quote
</blockquote>