Perbedaan PR dan Marketing

Membahas perbedaan kedua bidang ini dapat dilihat dari berbagai segi. Dari sudut Marketing Seitel (2011:374) mengatakan bahwa upaya menjual produk dan jasa melalui pricing, distribution, and promotion. Dari segi Public Relations adalah pemasaran organisasi dengan menggunakan unbiased & objective third party endorsement. Penekanan pada alat yang digunakan pada marketing dan public relations yaitu harga, distribusi dan promosi pada marketing, dan dukungan pihak ketiga pada public relations.

Perbedaan PR dan Marketing bukanlah untuk mencari kelebihan dan kelemahan satu dari yang lainnya, melainkan untuk membantu memposisikan public relations dalam perspektifnya dan membantu menghindarkan terjadinya salah pengertian antara manajmen dan klien tentang apa yang bisa diharapkan dari pelaksanaan public relatinos serta apa yang harus dibayar atas service yang diberikan public relations.

Ada 7 perbedaan antara Public Relations dan Marketing di atas yang disajikan dalam tabel berikut:Tabel PR vs Marketing

 

Submit comment


*

Allowed HTML tags: <a href="http://google.com">google</a> <strong>bold</strong> <em>emphasized</em> <code>code</code> <blockquote>
quote
</blockquote>